Peringati Hari Jantung Sedunia, Yayasan Jantung Indonesia Akan Gelar Konser Amal Bersama Bunga Citra Lestari 

Konser amal Bunga Citra Lestari

Di tengah kondisi pandemi Covid-19, meningkatnya kesadaran akan kesehatan merupakan salah satu hikmah yang bisa kita ambil. Tapi selain Covid-19 dengan resiko berat yang diakibatkannya, ada satu penyakit yang penting pula untuk kita cegah dan sadari keberadaannya, yakni penyakit jantung. Meski nggak termasuk penyakit menular, penyakit jantung dan kardiovaskular ini telah menjadi penyebab kematian nomor satu di dunia lo. Di Indonesia sendiri setidaknya 15 orang dari 1000 penduduk terdiagnosa penyakit jantung, yang ironisnya mulai banyak diidap oleh kelompok usia produktif atau generasi milenial.

Advertisement

Nah, menyambut peringatan Hari Jantung Sedunia yang jatuh setiap tanggal 29 September, Yayasan Jantung Indonesia (YJI) ingin lebih gencar lagi mengkampanyekan tentang kesehatan jantung, sekaligus ingin membantu anak-anak dengan penyakit jantung bawaan dari keluarga kurang mampu lewat gelaran konser amal ‘Use Heart To Beat Heart Disease’ dan Virtual Indonesia Heart Bike 2020 ‘Use Heart To Bike’.

Konser ‘Use Heart To Beat Heart Disease’ didedikasikan sepenuhnya untuk anak dengan penyakit jantung bawaan yang lahir dari keluarga kurang mampu

Ketua Umum YJI, Esti Nurjadin dalam konferensi pers Yayasan Jantung Indonesia via Zoom, Jumat (25/9/2020) (dok. Tangakapan layar Zoom) via www.hipwee.com

Ketua Umum YJI, Esti Nurjadin menjelaskan tujuan utama konser yang akan berlangsung secara virtual pada tanggal 29 September 2020 ini adalah membantu operasi anak dengan penyakit jantung bawaan dari keluarga kurang mampu, sebagaimana hal tersebut sudah dilakukan YJI sejak berdiri 40 tahun silam. Ia mengatakan, sejauh YJI berdiri sudah membantu operasi lebih dari 2.000 anak, dan saat ini terdapat 30 orang anak yang termasuk dalam daftar tunggu untuk mendapatkan tindakan operasi.

“Total anak yang sudah YJI bantu sejak berdiri ada 2.000 anak. Dengan membantu mereka, kita melihat anak-anak tersebut bisa menikmati hidup layaknya anak-anak yang lahir dengan jantung normal,” kata Esti dalam konferensi pers Yayasan Jantung Indonesia via Zoom, Jumat (25/9/2020).

Advertisement

Lebih lanjut Esti mengatakan seluruh hasil penjualan tiket akan didonasikan untuk pembiayaan operasi jantung anak-anak yang saat ini sudah masuk dalam daftar tunggu. Adapun tiket konser tersedia dalam dua kategori, yakni donasi reguler seharga Rp75.000,00, dan donasi VIP seharga Rp250.000,00 dan telah bisa didapatkan melalui www.detik.com/bclconcert. Esti berharap hasil donasi dari penjualan tiket ini bisa terkumpul sebanyak mungkin, atau setidaknya cukup untuk membiayai operasi satu anak.

“Kita menargetkan donasi terkumpul sebanyak mungkin. Sekadar informasi, biaya operasi jantung anak kalau nggak ada komplikasi itu sekitar Rp.120 juta. Tapi paling tidak harapannya melalui konser ini kita bisa mengoperasi satu anak dari 30 anak yang ada dalam daftar tunggu,” imbuh Esti.

Konser ‘Use Heart To Beat Heart Disease’ akan menampilkan Bunga Citra Lestari, Mikha Tambayong, dan Vidi Aldiano

Advertisement

Konferensi pers Yayasan Jantung Indonesia via Zoom, Jumat (25/9/2020) (dok. Tangakapan layar Zoom) via www.hipwee.com

Perwakilan BCL Management, Mohammad Ikhsan Doddyansyah mengatakan BCL menyambut baik ajakan kolaborasi untuk konser ‘Use Heart To Beat Heart Disease’ dari YJI, karena sejalan dengan keinginannya untuk bisa membantu dan meningkatkan kesadaran banyak orang terkait penyakit jantung.

“Bunga sebelumnya memang punya program untuk membantu dan menginspirasi orang banyak untuk aware terhadap penyakit jantung. Apalagi di masa pandemi ini semua orang butuh dibantu, dan sekecil apapun bantuan yang bisa kita berikan, akan kita berikan,” kata Doddy.

Untuk penampilan tanggal 29 September nanti, BCL akan tampil selama satu jam membawakan sembilan lagu, selain juga akan ada penampilan dari Mikha Tambayong dan Vidi Aldiano. Doddy mengatakan BCL telah menyiapkan desain konsep sedemikian rupa karena ingin tampil all out, dan juga akan menggalang donasi tambahan secara interaktif selama konser berlangsung.

Nggak hanya lewat konser ‘Use Heart To Beat Heart Disease’, YJI dalam momentum peringatan Hari Jantung Sedunia juga akan menggelar acara ‘Virtual Indonesia Heart Bike 2020: Use Heart Bike’ sebagai upaya menggalakkan olahraga untuk jantung yang sehat. Kegiatan bersepeda secara virtual yang berlangsung serentak mulai tanggal 3 Oktober hingga 3 November 2020 ini menghadirkan tiga kategori utama yakni jarak 150 km, 300 km, dan 600 km, dan menargetkan sebanyak 3.500 peserta dari seluruh Indonesia. Selain itu juga ada kategori grup untuk lima orang dengan target jarak 2000 km.

Konsep yang diusung kegiatan ini masih sama dengan konser yakni berolahraga sembari berdonasi. Kalau kamu mau ikutan, pendaftaran akan dibuka mulai tanggal 30 September nanti. Dalam penyelenggaraannya, baik konser ‘Use Heart To Beat Heart Disease’ dan ‘Virtual Indonesia Heart Bike 2020: Use Heart Bike’, YJI menegaskan akan tetap memerhatikan protokol kesehatan secara ketat.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

colour my life with the chaos of trouble

Editor

Penikmat kopi dan aktivis imajinasi

CLOSE