Ikut Penasaran Soal KKN Desa Penari, Raditya Dika Dapat 8 Poin Penting Ini dari Penulisnya

Raditya Dika KKN Desa Penari

Belakangan ini sedang heboh cerita horor KKN di Desa Penari. Berasal dari thread Twitter, cerita ini berkutat seputar enam mahasiswa yang melakukan KKN di Desa Penari, Jawa Timur. Mereka kerap diganggu hantu yang menunggui desa terpencil itu. Bahkan sampai ada yang meninggal! Yang bikin tambah menarik, ternyata cerita KKN di Desa Penari dibuat berdasarkan kisah nyata.

Advertisement

Ternyata Raditya Dika juga mengikuti cerita ini. Bahkan dia berhasil berhubungan melalui Twitter dengan akun anonim Simple Man (@SimpleM81378523) yang menulis cerita tersebut. Radit mengirim sejumlah pertanyaan dan Simple Man menjawabnya melalui voice note. Lantas, Radit menyatukan semua klarifikasi itu dan menunggahnya ke YouTube pada Sabtu (31/8). Saat artikel ini ditulis, video Radit udah ditonton lebih dari 6,5 juta kali dan sempat jadi trending nomor 2.

Yuk simak klarifikasi dari Simple Man di video Raditya Dika!

1. Tujuan Simple Man menulis cerita KKN Desa Penari adalah untuk berbagi pelajaran. Makanya dia kaget saat cerita itu jadi viral banget

Raditya Dika mendapat klarifikasi dari Simple Man via www.youtube.com

Sebelum menulis cerita KKN Desa Penari, Simple Man memang udah sering menulis cerita horor di Twitter. Setiap cerita yang diangkatnya berasal dari kisah nyata. Maka ia selalu menyamarkan nama-nama tokoh dan tempat demi privasi. Tujuan Simple Man menulis cerita KKN Desa Penari adalah berbagi pelajaran penting. Dia ingin menyampaikan kalau kita harus mengikuti tata krama saat berada di tempat baru.

Advertisement

2. Simple Man mendatangi langsung orang-orang yang pernah KKN di Desa Penari. Ternyata, Widya adalah teman dari ibu Simple Man

Simple Man menyampaikan klarifikasi lewat voice note via www.youtube.com

Awalnya Widya sempat ragu dan takut untuk membagikan kisahnya. Namun Simple Man berhasil meyakinkan teman dari ibunya tersebut. Simple Man bahkan berhasil menemuni Nur. Karena itulah dia menulis dua thread KKN di Desa Penari, satu dari sudut pandang Widya dan satunya lagi dari Nur. Kedua cerita itu saling berhubungan.

3. Simple Man menyesal karena udah ngasih beberapa petunjuk tentang lokasi Desa Penari. Warganet jadi menebak-nebak dan mendatangi tempatnya langsung

Ternyata penulisnya menyesal via www.youtube.com

Dalam thread-nya, Simple Man ngasih petunjuk berupa inisial nama-nama daerah. Dia juga menjelaskan berapa lama jarak yang harus ditempuh antarlokasi. Berdasarkan keterangan itu, warganet pun menebak-nebak. Bahkan ada yang berusaha datang ke tempatnya langsung! Simple Man pun mengaku sedih dan menyesal. Sebab, dia udah berjanji pada narasumber kalau latar belakang ceritanya nggak bakal terbongkar.

4. Dari berbagai tebakan warganet, ternyata ada tebakan yang benar! Namun Simple Man nggak mau memberitahu tebakan yang mana

Taman Nasional Alas Purwo via www.youtube.com

Simple Man memberi petunjuk kalau KKN Desa Penari berlangsung di Kabupaten “B” di Jawa Timur. Banyak warganet yang menebak kalau “B” adalah “Banyuwangi” atau “Bondowoso”. Simple Man juga ngasih tahu kalau Desa Penari terletak di Hutan “D”. Warganet pun menebak kalau itu Hutan “Dadapan” dan Alas Purwo. Wah, mana ya yang benar?

Advertisement

5. Yang jelas, cerita KKN Desa Penari nggak ada hubungannya dengan investigasi di Desa Rowobayu

Investigasi ke Rowo Bayu via www.youtube.com

Beberapa orang mengira kalau Desa Penari sebetulnya adalah Desa Rowobayu. Mereka pun melakukan investigasi dan berfoto-foto di sana. Namun menurut Simple Man, Desa Rowobayu bukanlah Desa Penari. Salah deh tebakannya~

6. Foto di media sosial yang dikira Bima (tokoh dalam KKN Desa Penari) ternyata hanyalah hoax!

Ternyata bukan Bima via twitter.com

Setelah cerita ini viral, beredar foto seorang lelaki di depan bangunan kuno. Bangunan itu diyakini sebagai Tipak Talas, gerbang Desa Penari yang menuju ke hutan para hantu. Lelaki itu pun diyakini sebagai Bima. Namun Simple Man mengonfirmasi kalau berita itu hanyalah hoax alias bohongan.

7. Muncul cerita KKN Desa Penari versi Mas Ilham, kakak Ayu. Namun Simple Man membantah kebenarannya

Para tokoh dalam KKN Desa Penari via twitter.com

Seorang warganet mengunggah cerita KKN Desa Penari dari sudut pandang Mas Ilham. Diceritakan kalau sebetulnya Ayu dan teman-temannya dikirim KKN ke sana untuk menjadi tumbal. Bahkan diceritakan kalau Desa Penari sebetulnya bukan desa nyata, melainkan desa para hantu. Simple Man membantah kebenaran cerita itu

8. Simple Man menekankan kalau dia merevisi cerita asli dari narasumber supaya lebih gampang dipahami

Yuk tunggu perkembangan cerita selanjutnya~ via twitter.com

Ternyata nggak semua hal yang ditulis di thread-nya adalah kisah nyata. Simple Man melakukan sejumlah penyesuaian supaya cerita lebih gampang dipahami. Contohnya, peserta KKN yang aslinya 14 orang disederhanakan jadi 6 orang aja.

Itulah sejumlah klarifikasi langsung dari penulis cerita horor KKN di Desa Penari. Gimana menurutmu? Masih penasaran ingin mencari lokasi aslinya?

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Tinggal di hutan dan suka makan bambu

Editor

Pemerhati Tanda-Tanda Sesederhana Titik Dua Tutup Kurung

CLOSE