Cara menghilangkan bau durian dalam ruangan

Sebagai buah yang bisa dibilang guilty pleasure, durian banyak disukai tapi nggak sedikit juga yang antipati. Bagi yang suka dan tergila-gila, aroma dan rasa dari buah durian adalah surga. Tapi baginya yang nggak suka, mengendus baunya pun bisa langsung mual dan ingin muntah saja rasanya.

Nah, saat ada salah satu anggota keluarga yang membawa durian ke dalam rumah, biasanya akan ada anggota keluarga lain yang terganggu dengan aromanya yang menyengat lantaran nggak punya kesukaan yang sama terhadap durian. Baginya, sedikit saja ada potongan durian dalam sebuah ruangan, aromanya yang tajam tetap saja akan menyeruak. Biar korban ‘pusing’ dan ‘mabuk’ durian nggak berjatuhan, coba dulu nih cara menghilangkan bau durian di dalam ruangan. Cukup tradisional dan mudah dipraktikkan.

1. Menyebarkan irisan daun pandan di beberapa sudut ruangan ampuh hilangkan aroma durian yang menyengat

irisan daun pandan via smalliepillar.wordpress.com

Advertisement

Selain kegunaannya untuk menambah aroma pada masakan, pandan juga ampuh mengusir bau durian. Caranya mudah, cukup ambil beberapa tangkai pandan lalu cacah-cacah hingga sedikit berair. Nah, sebarkan irisan pandan tersebut di sudut-sudut ruangan atau di dekat AC. Tunggulah barang sebentar, maka bau menyengat dari durian akan segera tergantikan oleh wanginya pandan yang kamu sebarkan tadi. Sebagai pengganti, kamu bisa pakai vanili atau stroberi yang juga punya wangi lembut menenangkan.

2. Kalau aroma lembut belum cukup membantu, bikin saja aromaterapi tradisional dari kulit jeruk yang dicampur kayu manis

kulit jeruk dan kayu manis via sniffyscents.com.au

Cara lain untuk mengusir bau menyengat dari durian adalah dengan mencacah kulit jeruk lalu menumbuknya dengan kayu manis. Panaskan campuran tersebut di atas wajan selama 1-2 menit agar aromanya makin keluar. Nah, aroma hangat rempah ini bisa kamu jadikan aromaterapi untuk menghalau bau durian. Tinggal letakkan serbuk kulit jeruk dan kayu manis itu sudut-sudut ruangan dan atau di dekat AC.

3. Selain jeruk dan kayu manis, gabungan daun kemangi dan daun mint akan menghasilkan aroma yang lebih segar

daun kemangi dan mint via holisticzine.com

Caranya sama, tumbuk halus daun kemangi dan daun mint hingga hancur, lalu panaskan di atas wajan hingga aromanya keluar. Namun, tanpa harus disangrai pun, aroma kesegaran dari gabungan daun kemangi dan mint juga sudah cukup mengurangi bau durian yang tajam kok. Kamu bisa tambahkan kulit jeruk yang sudah dipotong-potong untuk menambah aromanya. Letakkan deh di ruangan yang tadinya habis dipakai menaruh durian.

4. Gunakan aromaterapi dengan aroma yang lebih kuat seperti kayu cendana dan citrus

serbuk kayu cendana via www.mensfitness.com

Advertisement

Aromaterapi selanjutnya yang bisa kamu gunakan untuk menghalau bau durian yang menyengat adalah campuran serbuk kayu cendana dan citrus. Tinggal tumbuk halus keduanya lalu letakkan di sudut-sudut ruangan. Atau, agar lebih efektif lagi kamu bisa menggunakan pengharum ruangan yang berbahan kayu cendana. Meski hanya sedikit, aroma kayu cendana yang cukup kuat ini akan mengurangi bau durian yang menyengat.

5. Kalau kamu kurang suka wewangian yang menyengat, gunakan saja bubuk kopi untuk menetralisir aroma durian

Kopi mengandung zat polifenol, senyawa kimia mirip alkohol yang mampu menetralisir bau tajam seperti durian. Aroma kopi dengan sifat asamnya yang tinggi akan membentuk aktivitas pada beberapa gen di otak, sehingga bisa menetralisir aroma lain yang akan atau yang sudah masuk ke dalam ruangan. Mudah saja, sediakan beberapa satu sendok kopi yang ditaruh pada wadah lalu letakkan di dalam ruangan dan biarkan semalaman. Niscaya aroma durian yang tajam bakal hilang perlahan tergantikan oleh aroma kopi yang segar.

6. Pel lantai yang habis digunakan untuk pesta durian, tambahkan pelembut pakaian juga biar aromanya lebih tahan lama

pel lantai pakai pewangi pakaian via yohaku.me

Cara lain menghilangkan bau durian adalah dengan mengepel lantai ruangan yang telah dipakai buat makan durian. Tapi, kali ini jangan hanya pakai cairan pembersih lantai, tambahkan juga pelembut pakaian sebanyak satu tutup botolnya ke dalam air campuran pembersih lantai, lalu gunakan sebagai cairan pel. Cara ini digunakan agar aroma pembersih lantai yang digunakan untuk mengepel lebih tahan lama. Nah, baiknya gunakan pelembut pakaian berupa esens yang punya aroma lebih pekat.

Nah, kalau rumahmu diserang aroma durian yang menyengat, segera lakukan cara-cara di atas untuk menghalau baunya setelah selesai dikonsumsi semuanya, ya. Selamat mencoba!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya