6 Manfaat Jamu Beras Kencur yang Sering Dibeliin Emak. Tenggorokan Hangat, Rasanya pun Enak

Jamu beras kencur

Jamu merupakan salah satu minuman tradisional orang Indonesia yang dipercaya menyimpan banyak manfaat baik untuk tubuh. Keyakinan itu diwariskan secara turun-temurun dari orang tua ke anak, seperti halnya yang dilakukan emak kepada kita dulu. Saat membeli jamu, emak selalu menawari kita untuk ikut minum. Kalau kita nggak mau bakal diomelin. 😀

Advertisement

Dari sekian jenis jamu yang ada, jamu beras kencur lah yang paling sering dipesankan emak untuk kita. Meski awalnya menolak, setelah emak bilang ini menyehatkan akhirnya kita turut minum. Dan ternyata rasanya nggak buruk sama sekali, rasanya manis-manis asem gimana gitu. Dari sana akhirnya kita jadi suka. Tapi pernah nggak sih kamu ngulik tentang manfaat jamu beras kencur ini bagi kesehatan? Kebetulan sekali, Hipwee Tips kali ini akan memberikan ulasannya. Simak baik-baik, ya!

1. Memberi jamu beras kencur kepada anak dipercaya dapat meningkatkan nafsu makannya

jadi doyan makan | credit: Bianchi Mendoza via sg.theasianparent.com

“Minum jamu beras kencur sana, biar doyan makan”

Kalau emak dulu bawel nyuruh kamu minum jamu padahal kamu nggak suka, sejatinya itu upaya emak biar kamu doyan makan. Orangtua zaman dulu percaya salah satu kandungan jamu beras kencur berguna untuk meningkatkan nafsu makan anak. Terlebih kepada anaknya yang dikit-dikit mengeluh mag kambuh, hmm.. pasti dipaksa tuh sampai mau minum.

Advertisement

Sekarang terjawab sudah mengapa emak begitu getol menyuruh anaknya untuk minum jamu ini, ternyata jamu beras kencur bikin gemuk lantaran merangsang nafsu makan.

2. Kencur mempunyai kandungan yang baik untuk mengobati tenggorokan gatal dan batuk berdahak. Es teruuuuus!

meredakan batuk via www.medicalnewstoday.com

Jamu beras kencur dipercaya bisa membantu menyembuhkan sakit tenggorokan dan batuk berdahak. Ini nggak terlepas dari peran kencur sebagai bahan bakunya. Di dalam sebutir kencur, terdapat beragam kandungan gizi yang baik, mulai dari vitamin C, vitamin B kompleks, beta karoten dan kalsium.

Kencur juga dikenal memiliki beberapa kandungan senyawa yang dipercaya bisa menyembuhkan beragam penyakit, seperti senyawa aromatik, monoterpen, dan seskuiterpen. Perhatiin deh efek yang bisa kamu langsung rasakan sehabis minum jamu beras kencur, tenggorokan jadi segar dan hangat. Nggak heran banyak orang percaya khasiat jamu beras kencur untuk batuk, karena emang manjur!

Advertisement

3. Khasiat jamu beras kencur baik untuk pencernaan. Gangguan pencernaan seperti sakit perut atau diare bisa terobati

mengobati sakit perut | credit: Andrea Piacquadio via www.pexels.com

Jamu beras kencur sejak dulu dipercaya bisa menyembuhkan segala keluhan pencernaan, mulai dari nyeri perut sampai diare. Ketika kamu tiba-tiba sakit perut atau mulas nggak tertahankan, coba deh rutin minum jamu beras kencur. Serat yang terkandung di dalamnya sangat berguna untuk mengatasi masalah pencernaan.

Untuk mendapatkan khasiat ini, jamu beras kencur untuk anak 1 tahun boleh saja diberikan. Asal diperhatikan dosis pemberian dan urgensi kebutuhannya, apakah memang benar-benar butuh jamu atau nggak.

4. Jamu beras kencur juga punya banyak manfaat bagi ibu pasca melahirkan

ibu pasca melahirkan via id.theasianparent.com

Jamu beras kencur dipercaya dapat menghilangkan bau amis pada darah nifas, membuat air susu nggak terasa hambar, dan membantu menghangatkan tubuh bayi karena ASI peminum jamu beras kencur dianggap mengandung senyawa dari kencur.

Lalu bagaimana khasiat jamu beras kencur untuk ibu hamil? Menurut dr. Nadra Septiadi Dizon, jamu harus dipandang sebagai ‘obat’ yang status keamanannya terhadap kehamilan belum terkonfirmasi. Jadi sebaiknya ibu hamil mewaspadai adanya potensi jamu menimbulkan masalah terhadap kehamilan, melansir Alodokter. Sementara itu, jamu beras kencur untuk program hamil direkomendasikan, terutama bagi yang pernah mengalami keguguran. Jamu beras kencur bisa dicampur dengan daun sirih dan bawang putih untuk dikonsumsi tiap menstruasi.

5. Penyakit diabetes juga kabarnya bisa diobati dengan rutin minum jamu beras kencur

redakan diabetes via www.diabetes.co.uk

Melansir Halodoc.com, setelah diteliti oleh Universitas Tanjungpura Pontianak, jamu beras kencur memiliki kandungan senyawa fenolik yang berguna sebagai antioksidan yang bisa membantu melawan penyakit diabetes. Penderita diabetes disarankan untuk rutin minum jamu beras kencur dibarengi dengan meminum obat dari dokter.

6. Bagi pria dewasa, jamu beras kencur punya kandungan yang membantu menjaga stamina

untuk vitalitas via health.grid.id

Jamu beras kencur juga perlu dikonsumsi oleh pria dewasa. Terutama mereka yang memiliki masalah kesuburan di ranjang. Kamu bisa meminumnya sebelum tidur sebagai penambah vitalitas dan stamina. Jangan lupa tambahkan madu agar mendapatkan hasil yang maksimal. Konsumsi jamu beras kencur juga dapat membantu menghilangkan lelah dan lesu. Badanmu akan kembali segar dan bugar setelah bangun pagi jika kamu rutin mengonsumsinya sebelum tidur.

Itulah beberapa manfaat jamu beras kencur bagi kesehatan baik dewasa maupun anak-anak. Meski resep jamu beras kencur ala mbok jamu lebih nikmat rasanya, kini sudah banyak tersedia jamu beras kencur botol yang dijual online. Lalu bolehkah jamu beras kencur diminum setiap hari? Jawabannya adalah boleh, aturan minum jamu beras kencur dianjurkan setiap hari sebagai upaya memelihara kesehatan tubuh. Namun hindari konsumsi jamu yang berlebihan, terutama bagimu dengan kondisi kesehatan tertentu. Jadi, jangan bosan minum jamu beras kencur, ya!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Fiksionis senin-kamis. Pembaca di kamar mandi.

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE