7 Jenis Taplak Meja untuk Berbagai Kebutuhan. Jangan Asal Pakai, ya!

Masing-masing kain taplak meja beda-beda fungsinya

Taplak meja masih sering dilihat hanya sebagai pelengkap dekorasi. Padahal, fungsinya lebih dari itu. Sebut saja salah satunya sebagai pelindung permukaan meja dari noda atau kotoran yang tumpah ke atasnya. Dengan adanya taplak meja, kotoran itu nggak langsung mengenai dan merusak tampilan meja.

Advertisement

Maka dari itu, taplak meja bukan lagi sekadar ornamen. Ketika ingin menggunakannya pun kamu harus memperhatikan jenis kain yang ingin dipakai. Pasalnya, ini akan berpengaruh dengan fungsi meja dan ruangan tempat meja tersebut diletakkan.

Berikut ini Hipwee Tips akan membagikan 7 jenis kain yang cocok digunakan untuk taplak meja sesuai ruangan dan aktivitas di dalamnya. Yuk, disimak!

1. Kain katun paling banyak digunakan untuk bahan taplak meja

jenis kain taplak meja

Taplak meja berbahan kain katun | Photo by Євгенія Височина on Unsplash

Taplak meja yang terbuat dari katun dinilai cocok untuk keperluan sehari-hari karena mudah menyerap noda dan tahan lama. Namun, keunggulannya itu sekaligus menjadi kelemahan taplak meja jenis ini. Karena kemampuannya yang mudah menyerap noda, taplak meja jenis katun hanya bisa dibersihkan dengan cara dicuci. Kamu nggak bisa hanya mengelap noda itu karena pasti udah telanjur diserap oleh kain.

Advertisement

Namun, kamu nggak perlu terlalu khawatir karena taplak meja katun gampang dicuci kok. Hanya dengan merendamnya dalam campuran air dan detergen lalu kucek di bagian yang kotor, noda bisa langsung hilang.

2. Kalau mau bahan yang tahan lama, polyester bisa dijadikan pilihan

taplak meja bahan polyester

Taplak meja berbahan kain polyester | Photo by Paulette Wooten on Unsplash

Sekilas, bahan polyester mirip dengan katun. Hanya saja tampilannya lebih mengkilap dibandingkan katun. Bahan ini juga nggak terlalu memerlukan perawatan yang banyak. Polyester bisa tetap rapi dalam waktu lama, nggak mudah berkerut sehingga nggak perlu sering-sering disetrika. Namun, salah satu kekurangan polyester adalah bahan ini kurang mampu menyerap air atau noda yang tumpah di atasnya.

3. Taplak meja berbahan vinyl cocok digunakan untuk acara luar ruangan

kain taplak meja kotak-kotak

Taplak meja berbahan kain vinyl | Photo by Bonnie Kittle on Unsplash

Bahan vinyl memiliki keunggulan utama yaitu tahan panas dan air. Inilah yang membuat taplak meja jenis ini cocok untuk aktivitas outdoor seperti piknik atau acara luar ruangan lainnya.

Selain itu, bahan yang terkenal dengan julukan kulit sintetis ini juga nggak mudah robek dan awet sehingga bisa menghemat pengeluaranmu.

4. Gunakan taplak meja berbahan sutra untuk acara pesta formal

jenis kain taplak meja

Taplak meja berbahan kain sutra | Photo by Gabriella Clare Marino on Unsplash

Taplak meja sutra cocok untuk acara pesta formal seperti pernikahan karena kesan mewah yang lekat dengan kain ini. Biasanya, taplak meja jenis ini dilengkapi dengan aksen lace atau bordir di tepiannya sehingga mempertegas unsur elegan.

Di sisi lain, kamu juga harus ekstra hati-hati saat mencucinya. Tekstur kain sutra sangat halus dan mudah rusak kalau dicuci terlalu kasar. Cukup rendam dengan campuran air dingin dan detergen lalu kucek. Juga, jangan gunakan bahan detergen yang keras dan mesin pengering agar kain bentuk, ukuran, dan teksturnya nggak berubah.

5. Bahan satin juga sering digunakan untuk taplak meja dan pelapis kursi tamu di acara-acara formal

jenis kain taplak meja

Taplak meja berbahan kain satin | Photo by Andra C Taylor Jr on Unsplash

Selain sutra, kain satin sering ditemui di berbagai acara formal seperti pernkahan. Teksturnya yang lembut dan halus membuat taplak meja jenis ini terasa ‘jatuh’ sehingga mudah dibentuk. Selain itu, kain ini mampu mengeluarkan kesan formal dengan karakternya yang mengilap atau glossy.

6. Taplak meja dari kain linen bisa jadi alternatif untuk kesan ruangan yang lebih natural

jenis kain taplak meja

Taplak meja berbahan kain linen | Photo by Brooke Lark on Unsplash

Kalau kamu sedang menata ruangan agar lebih terlihat sederhana dan natural, coba pakai kain linen untuk taplak meja. Kain linen memiliki permukaan yang sangat halus dan rapi. Warna taplak meja yang bagus dan sering dipilih untuk kain jenis ini adalah putih yang agak pucat.

Namun, kamu harus hati-hati merawat taplak meja dengan bahan linen ini. Pasalnya, serat linen sangat rentan hancur apabila dicuci dengan bahan pemutih. Kainnya pun memiliki kelenturan yang rendah sehingga gampang kusut. Oleh karena itu, kamu harus sangat hati-hati menyetrikanya agar serat kain nggak rusak.

7. Terakhir, ada taplak meja dengan jalinan benang rajut. Tampilannya unik dan cocok untuk memperindah dekorasimu

jenis kain taplak meja

Taplak meja dari jalinan benang rajut | Photo by Katsia Jazwinska on Unsplash

Taplak meja jenis ini bisa kamu aplikasikan ke beberapa ruangan. Mulai dari kamar tidur, ruang tamu, dan meja makan. Pola atau model rajutannya yang khas itu biasanya berbahan dasar kain wol. Maka dari itu, penting untuk merawat taplak meja rajutan ini dengan baik agar rajutannya tetap kuat. Gunakan air hangat dan detergen dengan formula ringan untuk mencuci taplak meja jenis ini.

Nah, itu tadi 7 jenis kain taplak meja yang bisa kamu jadikan pilihan untuk mendekorasi meja di ruanganmu. Pastikan kamu memilih kain yang sesuai ya!

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Writing...

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE