Kamu yang Rutin Badminton Selepas Pulang Kerja, 6 Keuntungan ini Bakal Dirasakan Sampai Tua

Manfaat badminton bagi pekerja

Banyak pekerja kantoran yang pada akhirnya nggak berkesempatan untuk olahraga karena saking sibuknya. Belum lagi di kota-kota besar di mana waktu banyak terbuang karena kemacetan. Sebetulnya, ada banyak jenis olahraga yang bisa dilakukan selepas pulang kerja. Salah satunya adalah badminton. Olahraga ketangkasan ini memang nggak semua orang bisa, tapi sangat memungkinkan untuk dimainkan bersama teman sesama pekerja lainnya.

Advertisement

Olahraga yang katanya “nggak perlu jago-jago amat” dan “yang penting gerak” ini memang punya banyak manfaat, khususnya bagi para pekerja kantoran. Kalau kamu belum teryakinkan untuk merutinkannya juga selepas kerja, barangkali tulisan ini membantu.

1. Meningkatkan fungsi jantung yang bisa mengurangi risiko serangan jantung, tekanan darah tinggi, hingga stroke

memperkuat kerja jantung via kemlu.go.id

Bulu tangkis termasuk jenis olahraga kardio yang fungsinya menguatkan otot jantung, sehingga kerjanya pun lebih efisien. Jantung jadi nggak harus bekerja keras seperti biasanya. Kamu jadi terhindar dari penyakit-penyakit kayak serangan jantung, tekanan darah tinggi, hingga stroke.

2. Tubuh jadi bugar, berat badan juga bisa susut karena badminton termasuk olahraga yang membakar banyak kalori

menurunkan berat badan via makassar.tribunnews.com

Karena kerja jantung yang membaik, metabolisme tubuh juga bakal bekerja lebih efektif membakar lemak lebih banyak. Dilansir Hello Sehat, badminton mampu membakar kalori hingga 450 kalori per jamnya, lebih banyak ketimbang lari, sepak bola, atau menyelam.

Advertisement

3. Otot inti dan persendian jadi lebih kuat dan nggak gampang keropos, khususnya otot betis, paha, bokong, panggul, pinggul, lengan, hingga punggung

memperkuat otot dan sendi via psma.kemdikbud.go.id

Karena melibatkan banyak gerak anggota tubuh untuk melompat, berlari, dan memukul bola, badminton akan memperkuat otot inti dan persendian. Kalau otot dan sendi sudah kuat dan fleksibel, otomatis kamu bakal terhindar dari risiko cedera hingga atritis.

4. Nggak cuma badan yang sehat, otak juga meningkat drastis fungsi kognitifnya

meningkatkan massa otak via sport.tempo.co

Nggak cuma catur, badminton juga adalah salah satu jenis olahraga otak. Ketika bermain, kamu akan memprediksi serangan lawan dan memodifikasi strategi yang akan meningkatkan kemampuan berpikir. Badminton juga efektif menurunkan risiko demensia saat kamu tua nanti.

5. Stres yang dirasakan saat bekerja seketika hilang, tidur pun jadi nyenyak setelahnya

obat stres via sport.tempo.co

Seperti yang kita tahu, olahraga melepaskan hormon endorfin, serotonin, dan triptofan, hormon bahagia yang akan menggantikan hormon pemicu stres seperti kortisol dan epineprin. Perasaan senang saat bermain badminton sekaligus bersenda gurau di antaranya, akan menciptakan pikiran positif dan memperbaiki kualitas tidur.

Advertisement

6. Dengan badminton, hubungan dengan teman maupun kolega jadi makin erat. Udah gitu kamu pun bisa memperluas jaringan

banyak teman via kemlu.go.id

Badminton membutuhkan setidaknya 4 orang atau lebih untuk bisa bermain ganda. Mau nggak mau, akan ada interaksi. Kalau kebetulan teman main badmintonmu itu berasal dari lingkungan yang belum pernah kamu kenal sebelumnya, otomatis akan jadi teman baru dan tentunya memperluas jaringanmu, bukan?

Jadi, kalau ada ajakan main badminton selepas kerja, jangan disia-siakan, ya. Nggak jago-jago amat nggak apa-apa, yang penting gerak dulu aja badannya. Kecuali kamu punya keluhan kesehatan yang nggak memperbolehkanmu untuk bergerak berlebihan sih~

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

salt of the earth, light of the world

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE