7 Penyakit Kuku Tangan dan Kaki Serta Penyebabnya. Awas, Bisa Bahaya!

Penyakit kuku

Karena berada di bagian terluar tubuh manusia, kuku kerap bersentuhan dengan benda-benda, kotoran, sampai bakteri yang ada di lingkungan sekitar kita. Itulah kenapa penting untuk merawat dan membersihkan kuku. Pasalnya, kuku yang kotor bisa mendatangkan berbagai penyakit. Namun, masih banyak orang yang belum tahu kalau penyakit kuku kaki dan tangan bisa menandakan kesehatan seseorang. Singkatnya, kuku yang rusak adalah salah satu tanda penyakit.

Advertisement

Selain berbahaya bagi tubuh, kuku yang berpenyakit juga bisa membuat seseorang tidak percaya diri. Sementara itu, ada banyak sekali penyakit kuku yang mungkin belum diketahui atau disadari oleh penderitanya. Buat kamu yang mungkin belum tahu, berikut ini adalah contoh kuku yang tidak sehat dan penyakit yang diakibatkannya.

1. Jamur kuku yang merupakan penyakit lansia. Biasanya penyakit ini jadi tanda seseorang punya masalah paru-paru, usus, sampai HIV/AIDS

Penyakit kuku lansia/Credit: Piqsels

Jamur kuku adalah infeksi jamur yang terjadi pada kuku tangan dan kaki. Jamur kuku lebih sering diderita oleh lansia. Awalnya, jamur kuku muncul dengan bintik putih atau kuning pada ujung kuku. Lama kelamaan bintik tersebut menebal dan berubah warna. Jamur kuku juga penyebab penyakit kuku rapuh pada lansia.

Selain jamur kuku, jari tabuh juga sering muncul pada kuku. Jari tabuh atau clubbing fingers adalah kondisi di mana kuku jari mengeras dan membulat di sekitar ujung jari. Biasanya jari tabuh muncul akibat dari rendahnya kadar oksigen dalam darah dalam jangka waktu lama. Jari tabuh sendiri bisa jadi tanda seseorang punya kondisi-kondisi lain seperti HIV/AIDS, gangguan jantung, paru-paru, organ hati, sampai peradangan usus.

Advertisement

2. Kuku berlekuk dan koilonikia, bisa menjadi tanda seseorang mengidap psoriasis atau gangguan jantung sampai anemia

Ilustrasi kuku berlekuk/Credit: Pixabay

Penyakit kuku tangan ini sangat mudah dikenali karena membuat kuku menjadi melengkung keluar dan membentuk seperti sendok. Koilonikia dipercaya menjadi tanda seseorang menderita gangguan jantung, punya penyakit lupus, kekurangan darah atau anemia, kekurangan zat besi sampai hipotiroidisme.

Koilonikia bukanlah penyakit berbahaya melainkan hanya sebuah pertanda. Berbeda halnya dengan penyakit kuku berlekuk. Maka harus waspada jika punya kondisi ini. Pasalnya kuku berlekuk atau penyakit kuku bergelombang umumnya ditemui pengidap psoriasis. Penyakit tersebut membuat kulit menjadi kering, memerah, dan iritasi. Bisa dikatakan kuku berlekuk jadi penyakit kuku tangan rusak.

3. Kuku terry lebih dikenal sebagai penyakit kuku busuk karena membuat kuku kita berubah menjadi hitam. Penyebabnya bisa karena penuaan, gangguan organ hati sampai diabetes

Penyakit kuku

Penyakit-penyakit kuku/Credit: Dreamstime via www.dreamstime.com

Penyakit ini lebih dikenal sebagai penyakit kuku kaki busuk karena bisa membuat kuku berubah menjadi hitam. Sebenarnya, penyakit kuku terry ini bisa terjadi pada kuku tangan juga. Selain akibat penuaan atau usia, kuku terry juga disebabkan oleh penyakit tertentu seperti gangguan organ hati, diabetes, sampai penyakit jantung. Biasanya terry muncul dengan tanda penyakit kuku bergaris hitam sebelum akhirnya hitam total.

Advertisement

4. Kuku garis mees merupakan penyakit kuku yang ditandai dengan garis putih melintang pada kuku. Umumnya, kondisi ini muncul jika seseorang keracunan arsenik

Kuku putih/Credit: Unsplash @spanic

Kalau kuku terry membuat kuku berwarna hitam, maka kuku garis mees adalah penyakit kuku putih. Biasanya penyakit ini terjadi pada kuku tangan dengan tanda adanya garis putih melintang pada kuku. Biasanya penyakit ini merupakan tanda seseorang keracunan arsenik baik dalam dosis tinggi atau rendah.

Untuk memastikannya, biasanya dokter akan mengambil sampel rambut atau jaringan tubuh lain jika kuku garis mees ini muncul. Nah, buat kamu yang mungkin punya tanda-tanda penyakit kuku ini, buruan pergi ke dokter untuk memeriksakan kondisimu agar nggak terjadi hal yang mengancam kesehatanmu kelak.

5. Cantengan adalah penyakit kuku jempol kaki yang sering terjadi, biasanya disebabkan karena perawatan yang kurang tepat atau aktivitas sehari-hari yang melukai kuku

Penyakit kuku

Ilustrasi centengan/Credit: Commons Wikimedia

Penyakit kuku yang sangat umum terjadi adalah cantengan. Secara singkat, cantengan berarti penyakit kuku yang tumbuh ke dalam. Kondisi cantengan ini perlu diwaspadai mengingat dampaknya yang cukup berbahaya. Biasanya bagian tepi kuku yang tumbuh ke dalam akan melukai jaringan lunak yang menyebabkan bengkak, nyeri, dan kemerahan.

Biasanya cantengan ini sering terjadi pada kuku kaki. Wajar kalau centengan disebut juga sebagai penyakit kuku kaki jempol. Penyebab dari penyakit ini juga banyak lo. Bisa jadi karena pemangkasan kuku yang kurang tepat, sering menggunakan sepatu yang terlalu kecil, luka berulang karena aktivitas keseharian dan masih banyak yang lainnya. Untuk mengatasinya, kamu harus pergi ke dokter demi perawatan yang tepat.

6. Kuku kuning adalah penyakit kuku yang diwaspadai pasalnya kondisi ini disebabkan keganasan organ-organ dalam tubuh

Kuku kuning/Credit: Unsplash @spanic

Penyakit kuku tangan kuning ini sejatinya adalah sindrom dan tanda bagi penyakit lainnya. Kondisi ini menyebabkan kuku tumbuh lebih tebal dan tidak tumbuh secara cepat. Dalam beberapa kasus, kuku kuning juga disebabkan karena kuku kekurangan kutikula sampai kuku yang terlepas dari jari.

Kuku kuning adalah penyakit yang wajib kamu waspadai. Pasalnya, penyakit ini disebabkan keganasan organ-organ dalam tubuh. Bisa jadi juga karena pembengkakan saluran getah bening, rheumatoid arthritis, gangguan pernafasan seperti sinusitis sampai bronkitis kronis. Jika kalian mengalami sindrom kuku kuning, alangkah lebih baik segera memeriksakan diri ke dokter untuk pencegahan.

7. Trauma kuku kaki yang diakibatkan gesekan terus menerus kuku dengan sepatu. Trauma kuku kaki bisa menyebabkan kuku menghitam bahkan lepas

Penyakit kuku

Trauma kuku kaki/Credit: Unsplash @directedbylina

Penyakit ini bisa terjadi pada semua orang tanpa memandang usia. Trauma kuku kaki biasanya disebabkan karena gesekan antara kuku kaki dengan sepatu yang terus menerus. Gesekan tersebut mampu memicu trauma dan membuat perubahan warna kuku kaki yang menghitam, menebal, bahkan sampai lepas.

Kendati terdengar sepele, trauma kuku kaki juga perlu diwaspadai lo. Pasalnya, dalam beberapa kasus tanda-tanda trauma kuku kaki juga merupakan gejala kanker kulit melanoma yang membuat warna kuku berubah jadi kehitaman atau kecokelatan.

Nah, itu dia beberapa penyakit kuku kaki dan tangan yang wajib kalian waspadai. Semoga artikel ini bisa membuatmu lebih memperhatikan lagi mengenai tanda-tanda penyakit dan merawat bagian tubuh kita sendiri termasuk kuku kaki dan tangan.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Represent

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE