Kabar bahagia datang dari dunia hiburan Korea Selatan. Pasalnya, dua selebriti ternama Negeri Gingseng yang telah lama menjalin hubungan akhirnya melangsungkan pernikahan. Rain dan Kim Tae Hee mengikat janji setianya pada 19 Januari 2017 secara tertutup di Gereja Katolik Jongro Gu, Gahee Dong, Seoul, Korea Selatan.

Kedua artis terkenal ini sejak awal memang lebih senang menyembunyikan hubungan dari publik. Terbukti, Rain dan Kim Tae Hee baru mempublikasikannya setahun setelah menjalin kasih, yakni pada 1 Januari 2013. Sehari sebelum menikah, Rain mengunggah postingan pengumuman pernikahan pada akun instagram. Dia memberitahu kalau acara sakral ini dilakukan secara tertutup dan penuh khidmat, sehingga tak bisa secara rinci dipublikasikan.

Kalau dipikir-pikir, Rain dan Kim Tae Hee yang sangat terkenal dan kaya saja memilih menyelenggarakan pernikahan secara sederhana. Lalu, kenapa kamu masih mengutamakan gengsi, padahal punya budget terbatas?

Untuk membantumu, intip yuk tips pernikahan sederhana yang terinspirasi dari pernikahan Rain dan Kim Tae Hee a la Hipwee Wedding berikut ini.

1. Pilih tanggal resepsi yang kira-kira sepi orang menikah. Harga vendor nggak akan ‘menggila’

jangan tanggal mainstream via weddbook.com

Advertisement

Percaya deh kalau kamu menikah di tanggal yang biasanya banyak orang menikah harga-harga keperluannya bakal naik. Seperti sekitar bulan Haji, setelah Lebaran, dan masa-masa liburan sekolah. Contohlah Rain dan Kim Tae Hee yang melangsungkan pernikahan pada hari Jumat di bulan Januari. Lantas, mengapa kamu nggak terinspirasi seperti mereka saja?

Menikah di bulan saat nggak banyak yang menikah akan menolong pengeluaranmu.

2. Ada banyak konsep pernikahan sederhana namun berkesan yang bisa kamu pilih. Antara outdoor di halaman rumah atau indoor di aula pemerintahan

penuh khidmat via www.soompi.com

Merencakan pernikahan tentu didahului dengan konsep. Kamu harus memikirkan dengan matang konsep pernikahan seperti apa yang kamu mau. Untuk sederhananya, kamu bisa pilih antara outdoor dan indoor. Nah, untuk tempatnya kamu nggak usah bingung karena untuk outdoor kamu bisa gunakan taman di sekitar rumah atau halaman rumah. Sedangkan yang mau indoor, kamu bisa memilih di aula pemerintahan yang relatif lebih murah sewanya. Coba kamu pikirkan deh pasti biayanya lebih murah.

Misalnya saja kalau mau pakai taman di sekitar rumah, kamu bisa diberikan harga murah, bahkan gratis, lho. Namanya saja pernikahan tetangga sendiri. Begitupun di aula pemerintahan. Syukur-syukur kalau kamu kenal dengan pengelolanya.

3. Sebisa mungkin hindari prosesi adat agar tak menambah biaya. Namanya juga menikah berkonsep sederhana

tak perlu ada adat via www.soompi.com

Seperti pernikahan Rain dan Kim Tae Hee yang sederhana – hanya melangsungkan acara di gereja. Dari foto-foto yang dilansir, diketahui tak ada prosesi adat pernikahan a la Korea Selatan sama sekali. Jadi, buat kamu yang ingin menikah secara sederhana, bisa meyakinkan diri untuk tidak mengadakan prosesi adat.

Karena bagaimanapun juga, prosesi adat cukup memakan biaya dan waktu.

4. Pilih satu baju untuk acara ijab dan resepsi kecil-kecilan. Yang penting ‘kan mempelainya sama-sama memesona

memesona via www.soompi.com

Selain prosesi adat, hal sederhana lain yang bisa kamu lakukan yaitu pakai satu jenis kostum saja selama acara. Mulai dari acara ijab kabul hingga resepsi nikah kecil-kecilan, kamu bisa pakai kostum satu saja. Namanya juga menikah dengan sederhana, tak perlulah bermewah-mewah sampai ganti kostum melulu.

5. Jumlah tamu harus dipikirkan. Karena semakin private, akan terasa semakin intim acaranya

mengundang yang terdekat saja via baohay.vn

Menikah secara sederhana juga dilihat dari jumlah tamu yang diundang. Rain dan Kim Tae Hee sendiri hanya mengundang orang-orang terdekat mereka. Beberapa di antaranya adalah PSY, Park Joon Hyung (G.O.D), Kim Tae Woo, Yoon Kye Sang, dan ayah baptis Rain, Ahn Sung-Ki. Dengan mengundang hanya orang-orang terdekat saja, maka keintiman acaranya jadi tambah terasa. Itulah konsep yang diutamakan dari pernikahan secara sederhana.

“Kami akan melangsungkan upacara penikahan kami dengan khidmat dan tertutup. Maka dari itu kami mohon maaf karena tidak mengungkapkannya secara rinci kepada publik,” tulis Rain via instagram,

seperti dikutip dari bintang.com

6. Manfaatkanlah kemajuan teknologi saat ini untuk mengundang para tamu. Jangan khawatir dibilang pelit

via internet via www.goodnass.com

Utamakanlah kemajuan teknologi saat ini. Undangan konvensional dengan cara mengirim via pos atau kertas lebih baik diubah. Karena di zaman serba modern seperti sekarang, masyarakat nggak terlalu mempermasalahkan mengundang via media sosial. Kamu jadi hemat biaya dan jutsru jadi lebih kreatif.

7. Nggak perlu sewa jasa fotografer profesional untuk memeriahkan suasana. Minta tolong teman yang cukup ahli dalam hal memotret pun bisa

andalkan teman via marriedbyjosh.com

Kalau tadi memanfaatkan kemajuan teknologi seperti internet, kali ini coba gunakan hubungan pertemanan yang kamu miliki. Misalnya meminta tolong beberapa dari mereka untuk mendokumentasikan acara selama berlangsung. Dibanding bayar sewa fotografer, pakai jasa teman pun jadi lebih hemat.

Begitupun dengan pemeriah suasana. Tanpa harus lantunan musik band, kamu bisa memakai pemutar musik lagu-lagu yang sudah dipilih.

Menikah itu kalau bisa memang sekali seumur hidup. Namun, bukan berarti harus diselenggarakan dengan begitu mewah. Jika memang tak ada biaya, yah jangan dipaksakan. Berkaca dari pernikahan artis ternama Korea Selatan ini, tak perlu lagi utamakan gengsi. Toh, pernikahan yang utama adalah kekhidmatan dan hubungan ke depannya. Selamat merencanakan pernikahanmu ya!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya