Nutrisi Utamanya Sama, Tapi Antara Susu Cair dan Susu Bubuk Sehat Mana sih Sebetulnya?

Susu bubuk vs susu cair

Susu memiliki nilai gizi yang baik untuk menjaga tubuh tetap sehat. Selain itu, susu juga bagus untukmu yang masih dalam masa pertumbuhan. Rasanya yang enak membuat susu jadi digemari oleh banyak orang. Di antara dua jenis susu, manakah yang sering kamu minum? Susu cair atau susu bubukkah?

Advertisement

Meski keduanya sama-sama memiliki manfaat yang bagus, namun beberapa orang masih sering mempertanyakan, mana yang lebih sehat di antara kedua jenis susu ini. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, Hipwee Tips akan mengulasnya untukmu. Yuk, simak ulasannya berikut!

Dari namanya, sudah bisa diketahui bahwa dua jenis susu ini diolah melalui proses yang berbeda

proses pembuatan via cheesemaking.com

Susu bubuk dibuat dengan cara memanaskan susu cair hingga mengering. Alat yang digunakan untuk melakukan proses ini ialah spray drier. Selain dalam bentuk skim, susu bubuk juga bisa kamu temui dalam bentuk full cream.

Susu cair sendiri terdiri dari dua macam, yakni susu cair segar dan susu cair olahan. Susu cair segar berasal dari perahan langsung hewan ternak penghasil susu. Sedangkan, susu cair olahan mengalami proses pengolahan untuk mempertahankan zat gizi di dalamnya. Hal ini juga dilakukan untuk menambah cita rasa dan mempertahankan daya simpan susu. Susu cair olahan dapat berupa susu pasteurisasi, susu UHT, dan susu skim.

Advertisement

Perbedaan keduanya juga terdapat pada kandungan gizi yang ada di dalamnya

kandungannya pun berbeda via www.castledairy.com

Meski keduanya memiliki nutrisi utama yang hampir sama, namun susu cair memiliki vitamin B-kompleks yang sedikit lebih banyak daripada susu bubuk, terutama vitamin B-5 dan B-12, melansir laman Klik Dokter. Kedua nutrisi tersebut bermanfaat untuk menjaga kesehatan sistem saraf. Selain itu, susu cair juga memiliki kandungan fosfor dan selenium yang lebih banyak daripada susu bubuk.

Susu bubuk memiliki daya simpan yang lebih lama daripada susu cair

susu bubuk lebih awet disimpan via www.myrecipes.com

Susu pasteurisasi akan bertahan sekitar 16 sampai 14 jam. Namun, untuk susu cair jenis UHT, kamu bisa menyimpannya hingga 6 sampai 10 bulan. Nah, jika kamu memang ingin memilih susu dengan daya simpan yang lama, baiknya pilih susu bubuk saja. Karena sudah diproses menjadi kering, susu bubuk ini bisa kok kamu simpan hingga satu tahun.

Setelah meninjau beberapa poin di atas, lantas manakah yang lebih sehat?

Advertisement

proses pembuatannya beda via ximusa.com

Sebenarnya, dari kedua jenis susu ini nggak ada yang lebih bagus. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, terutama soal rasa. Ya, susu bubuk memang memiliki varian rasa yang lebih sedikit, namun susu jenis ini lebih awet disimpan untuk jangka waktu yang lama. Nah, kalau kamu bertanya mana yang terbaik, jawabannya bisa berbeda-beda tergantung kebutuhan masing-masing.

Tuh, sekarang sudah tahu kan mana yang lebih sehat? Sekarang tinggal tentukan saja mana yang jadi pilihan kamu.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE